Gambar
EVALUASI DIRI SEKOLAH (EDS) LINGKUNGAN HIDUP SMP NEGERI 3 Bantan
Kamis, 17 Juni 2021  10.154

 

EVALUASI DIRI SEKOLAH 

(EDS) LINGKUNGAN HIDUPSMP NEGERI 3 BANTAN

Jl. Gajah Mada Bantan Tengah, Kec. Bantan
















DISUSUN OLEH

TIM ADIWIYATA SMP NEGERI 3 BANTAN

 

TAHUN 2021







EVALUASI DIRI SEKOLAH BERBASIS LINGKUNGAN

SMP NEGERI 3 BANTAN

 

BAB I

PENDAHULUAN

1.1   Latar Belakang Masalah

Pencemaran lingkungan saat ini salah satu akibat dari rendahnya prilaku kepedulian manusia dalam menjaga kebersihan lingkungan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, perlu adanya perubahan perilaku pada manusia. Perubahan prilaku dapat di lakukan melalui pembiasaan yang berkaitan dengan kegiatan   peduli terhadap kebersihan lingkungan.

  Slogan tentang kebersihan sudah banyak di pajangkan disekolah, bahkan setiap upacara disampaikan tentang kebersihan. Tetapi kesadaran warga sekolah untuk menjaga kebersihan masih rendah. Banyak warga sekolah yang masih bersikap apatis, acuh dan tidak peduli terhadap kebersihan. Kondisi ini dapat dibuktikan dari kebiasaan  warga sekolah selalu : 1) membuang sampah tidak pada tempatnya, 2) piket kebersihan tidak bekerja dengan baik. Selain rendahnya kesadaran warga sekolah dalam menjaga kebersihan, lingkungan sekolah yang luas dan tidak adanya pegawai khusus yang  menangani kebersihan menyebabkan semakin tidak terkendalinya masalah kebersihan di sekolah.

Sejalan dengan Visi SMP Negeri 3 Bantan berprestasi, berbudaya, berakhlak mulia, peduli lingkungan berlandaskan pada imtaq dan iptek. Dalam mewujudkan visi sekolah di bidang peduli lingkungan, salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan adalah menjaga kebersihan, kesadaran warga  sekolah untuk bekerja sama  dalam menjaga kebersihan sangat di perlukan. Lingkungan sekolah yang bersih, tidak ada sampah akan memberikan kenyamanan bagi warganya. Selanjutnya kli disini